Senin, 13 Mei 2019

Cara Membayar Tagihan BPJS

Cara membayar tagihan BPJS - Memahami bahwa BPJS Kesehatan adalah perusahaan publik yang dipercayakan kepada pemerintah tugas khusus menyediakan asuransi kesehatan untuk semua orang Indonesia, terutama pegawai negeri, pensiunan SNP dan Polisi Nasional atau TNI, veteran, pelopor kemandirian; dan keluarganya dan entitas bisnis lainnya dan orang-orang biasa.


BPJS Kesehatan mulai beroperasi di Indonesia pada 1 Januari 2014. Sebelumnya, BPJS Kesehatan dikenal sebagai ASKES (Asuransi Kesehatan), yang dikelola langsung oleh PT Askes Indonesia (Persero), tetapi sesuai dengan ketentuan UU No. 2 tahun 2011 tentang BPJS, PT Askes Indonesia telah berubah untuk BPJS Kesehatan sejak diberlakukan pada 1 Januari 2014.

Dalam hal ini, semua warga negara Indonesia (warga negara) dan orang asing (warga negara asing) yang tinggal atau telah tinggal di Indonesia selama setidaknya enam (6) bulan harus menjadi anggota BPJS Kesehatan. Ini sesuai dengan ketentuan Pasal 14 UU BPJS. Setiap perusahaan diharuskan mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS Kesehatan, sementara individu atau keluarga yang tidak bekerja untuk perusahaan harus mendaftarkan diri dan keluarga mereka di bPJS. Kontribusi masing-masing peserta untuk BPJS Kesehatan akan ditarik sesuai dengan jumlah yang ditentukan kemudian, sedangkan untuk yang kurang beruntung, kontribusi BPJS akan ditanggung oleh pemerintah melalui program bantuan kontribusi.

Peserta dalam BPJS Kesehatan ini diperlukan tidak hanya untuk pekerja sektor formal, tetapi juga untuk pekerja sektor informal. Pekerja di sektor informal harus mendaftar dan membayar kontribusi mereka sesuai dengan tingkat manfaat yang diinginkan. BPJS Kesehatan harus menjadi milik semua warga negara Indonesia.

BPJS merupakan satu program pemerintah dalam memberikan fasilitas kesehatan untuk semua kalangan masyarakat, dan BPJS memiliki tagihan per bulan yang wajib dibayarkan oleh penggunanya. BPJS sudah memberikan banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. BPJS dapat menjangkau masyarakat yang tidak memiliki asuransi di swasta, sehingga jaminan kesehatannya masih terjaga oleh BPJS.

Jaminan kesehatan tersebut berupa berbagai macam fasilitas dan kepraktisan di bidang kesehatan seperti biaya berobat yang lebih ringan atau bahkan gratis atau berbagai kepraktisan lainnya. Tiap bulan ada tagihan yang harus dibayar oleh pengguna kartu BPJS agar dapat terus merasakan manfaat BPJS.

Teknik cek tagihan BPJS kesehatan dan pembayaran BPJS kesehatan dapat dilakukan melalui berbagai teknik. Anda dapat langsung mendatangi kantor BPJS terdekat, atau melakukan transfer melalui ATM, atau mengunjungi web BPJS dan atau menggunakan aplikasi BPJS kesehatan.

Sekarang ini, cek tagihan BPJS kesehatan dan bayar BPJS semakin praktis di bebasbayar.com karena dapat dilakukan melalui smartphone dan hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Bebasbayar.com memberikan fasilitas pengecekan dan pembayaran tagihan rutin, seperti tagihan BPJS. Anda memerlukan ID/nomor pelanggan BPJS untuk cek tagihan BPJS kesehatan di bebasbayar.com. Jika Anda sudah menyiapkan nomor pelanggan BPJS tersebut, Anda dapat langsung cek tagihan BPJS kesehatan di bebasbayar.com melalui cara-cara berikut.

1. Kunjungi web bebasbayar.com
2. Melakukan pendaftaran dengan menggunakan email atau nomor HP. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara klik tombol Daftar yang ada di bagian atas web.
3. Verifikasi akun dengan menggunakan email atau nomor HP yang digunakan pada saat pendaftaran.
4. Login ke member area bebasbayar.com dengan mengklik tombol Login yang ada di bagian atas web.
5. Pilih menu BPJS kesehatan.
6. Masukkan ID/nomor pelanggan BPJS sertakan juga jumlah bulannya.
7. Seketika total tagihan BPJS akan ditampilkan.

Jika Anda ingin langsng melakukan pembayaran BPJS, Anda dapat menekan tombol Bayar warna merah yang ada di bawah. Namun, Anda dapat melakukan pembayaran jika sudah mengisi saldo akun bebasbayar.com Anda. Anda juga akan menerima struk setelah melakukan pembayaran. Semakin sering cek dan bayar tagihan BPJS kesehatan di bebasbayar.com semakin banyak kesempatan yang Anda dapat agar memperoleh keuntungan dan bonus menarik.